- Liga Spanyol

Kutukan El Clasico Real Madrid Bisa Segera Diakhiri


Bola388.site  – Kutukan El Clasico selalu membayangi Real Madrid beberapa tahun terakhir, tapi enam fakta ini bikin yakin Los Blancos mengakhirinya Kamis nanti.

Untuk pertama kalinya sejak beberapa tahun terakhir, Real Madrid lebih difavoritkan untuk menang pada laga El Clasico di kandang Barcelona, Camp Nou, pekan depan. Ada sejumlah alasan untuk berharap pasukan Zinedine Zidane bisa pulang ke ibukota Spanyol dengan tiga poin.

Pertandingan El Clasico antara Barcelona vs Real Madrid bukan saja membuat jalan-jalan Spanyol sunyi senyap dari riuh kendaraan, tapi juga seantero Eropa dan dunia. Laga-laga El Clasico adalah tontonan kedua terbesar di televisi sesudah final Liga Champions. Tidak terkecuali juga untuk laga Kamis (19/12) dinihari nanti.

Real Madrid selama beberapa tahun terakhir menderita kutukan El Clasico. Klub asal Catalonia itu belum kunjung bisa terkalahkan oleh Los Blancos dalam enam pertemuan terkininya, baik di Camp Nou maupun di Santiago Bernabeu. Barca juga hanya kalah satu kali saja dari 22 pertarungan terkininya kembali ke bulan Desember 2008. Tapi ada setidaknya tiga alasan untuk yakin bahwa tim asuhan Zinedine Zidane itu akan pulang dari Camp Nou dengan kemenangan. Tiga alasan itu sebagai berikut:

  1. Striker Karim Benzema sedang on fire, mencetak 11 gol bagi Los Merengues dalam 15 pertandingan musim ini. Posisinya di puncak top skor Liga Spanyol baru bisa dikalahkan setelah Messi mencetak hat-trick saat melawan Mallorca tanggal 8 Desember lalu dan kini dan mencatatkan total 12 gol.
  2. Gareth Bale memperoleh kepercayaan kembali dari Zinedine Zidane, bahkan saat peristiwa “Wales. Golf. Madrid. Dengan Urutan Seperti Itu” yang terjadi saat perayaan kepastian lolos timnas Wales ke putaran final Euro 2020. Kontribusi gol atau assist akan mengembalikan Bale menjadi pemain kesayangan pendukung Los Blancos.
  3. Barcelona sudah kebobolan 18 gol dari 15 pertandingan La Liga musim ini. Rata-rata lebih dari satu dalam setiap laga. Inilah kesempatan terbaik Real Madrid untuk mencetak gol ke gawang musuh besarnya itu saat lini pertahanan Barca tengah lemah-lemahnya. Pada awal musim anak-anak Ernesto Valverde ini bahkan kemasukan lebih dari satu gol. Hanya empat kali dari 15 laga itu mereka berhasil menjaga gawangnya tetap bersih.
  4. Barca masih menghadapi kesulitan mengintegrasikan Antoine Greizmann ke dalam trio penyerangnya. Penempatannya di luar posisi favoritnya di sisi kanan lapangan menyebabkan bakatnya tidak keluar secara efektif.
  5. Sebuah kemenangan bisa berdampak sangat besar pada perebutan trofi juara Liga Spanyol musim ini karena kedua raksasa Spanyol itu sama poin di puncak klasemen, hanya terpisahkan selisih gol.
  6. Sebuah kekalahan akan memunculan rumor tak sedap atas diri Zidane, sebaliknya karir Ernesto Valverde sudah dipastikan usai akhir musim ini. Sementara masih harus dilihat dampak moralnya untuk sang pelatih, jelas bahwa Barcelona menantikan seorang pelatih baru.

Dengan enam pertimbangan di atas, inilah saat terbaik bagi Real Madrid untuk mengakhiri kutukan El Clasico yang selama ini membayangi mereka.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *